close
Watch Now!!!!

Menu Navigasi

Nggak pakai minyak zaitun, ini trik usir ketombe dan rambut rontok pakai 2 jenis bumbu dapur

 



 - Rambut memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung, menahan suhu ekstrem untuk masuk langsung ke dalam tubuh. Nggak heran kalau setiap orang memerhatikan penampilan dan kesehatan rambut mereka. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi rambut dari masalah-masalah yang umum terjadi.

Dua masalah umum yang sering dihadapi adalah rambut rontok dan ketombe. Rambut rontok adalah kondisi di mana rambut yang biasanya akan lepas dari kulitnya dalam jumlah normal mulai rontok secara berlebihan. Sementara itu, ketombe adalah kulit kepala yang mengelupas dalam bentuk serpihan kecil yang terlihat di rambut dan bahu akibat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Permasalahan tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal. Dari segi internal, cara perawatan rambut yang kurang baik, gaya hidup yang tidak sehat, hingga faktor kejadian alami seperti kondisi menopause dan kehamilan dapat memicu kurangnya nutrisi pada rambut sehingga menjadi rentan mengalami kerontokan. Di sisi lain, faktor eksternal seperti paparan sinar UV dari matahari dan polusi juga menyebabkan rusaknya folikel rambut sehingga memicu munculnya ketombe dan kerontokan rambut secara perlahan.

Ketika dihadapkan pada masalah ini, masih banyak orang yang bingung karena mereka tidak dapat menemukan produk yang tepat. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur seperti bawang bombay dan jahe untuk mengatasi masalah ini. Seperti yang ditunjukkan oleh @diybyshikha via Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (8/8).

foto: freepik.com

Blibli
Kode promo Blibli
Diskon 50,000, Minimum purchase IDR 250,000 (New User Only)
Diskon 50,000, Minimum purchase IDR 250,000 (New User Only)
0
D
Lihat S&K

Bawang bombay memiliki kandungan yang kaya akan sulfur, flavonoid, antioksidan, dan vitamin C. Sulfur dikenal memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Selain itu, flavonoid dan antioksidan dalam bawang bombay membantu melawan radikal bebas yang merusak folikel rambut. Bawang bombay juga memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di kulit kepala dan mengurangi risiko ketombe.

trik usir ketombe dan rambut rontok  Instagram

foto: freepik.com

Jahe adalah rempah yang memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk untuk masalah rambut rontok dan berketombe. Kandungan zat aktif dalam jahe, seperti gingerol, memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi, yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala dan ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur atau peradangan. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sirkulasi yang lebih baik ini membuat folikel rambut dalam prosesnya juga akan semakin kuat sehingga membantu mengurangi kerontokan.

Penggunaan kedua bahan di atas bisa kamu lihat melalui petunjuk yang tertera di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 siung bawang bombay
2. 1 ruas jahe
3. Tisu (usahakan yang sedikit tebal)
4. Wadah kecil
5. Alat parut

trik usir ketombe dan rambut rontok  Instagram

foto: Instagram/@diybyshikha

Langkah pengerjaan:

1. Kupaslah 1 siung bawang bombay dan 1 ruas jahe dari kulitnya hingga bersih.
2. Parutlah bawang bombay dan jahe tersebut hingga halus, lalu masukkan ke dalam wadah kecil.
3. Bungkuslah hasil parutan tadi dalam sebuah tisu yang agak tebal, lalu ikat kapas tersebut.
4. Aplikasikan secara menyeluruh di kulit kepala dengan cara menepuk-nepuk sembari menekan tisu tadi agar cairannya keluar.
5. Pijat-pijatlah kepala setelahnya selama 5-10 menit.
6. Bila dirasa cukup, bilas dengan air bersih dan gunakan sampo seperti biasa.
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sumber:brilio.net

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.