close
Watch Now!!!!

Menu Navigasi

Resep dan Cara Memasak Sambal Ikan Tongkol yang Mudah dan Simpel



  1. Siapkan bahan-bahan Cuci bersih ikan tongkol, lalu kukus hingga matang. Setelah matang, suwir-suwir ikan hingga terpisah dari tulangnya. Iris cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan lengkuas tipis-tipis.
  2. Tumis bumbu Panaskan minyak sayur di dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan cabai merah, cabai rawit, lengkuas, daun salam, dan serai, tumis hingga bumbu matang dan harum.
  3. Tambahkan air Tambahkan air ke dalam wajan, aduk rata hingga tercampur sempurna. Tunggu hingga air mendidih.
  4. Tambahkan suwiran ikan Masukkan suwiran ikan ke dalam wajan, aduk rata hingga tercampur sempurna dengan bumbu dan air.
  5. Tambahkan bumbu lainnya Tambahkan air asam jawa, garam, dan gula pasir ke dalam wajan, aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna dan kuah menjadi kental.
  6. Koreksi rasa dan sajikan Koreksi rasa sambal ikan tongkol sesuai dengan selera, apabila dirasa kurang pedas bisa menambahkan cabai rawit atau merica. Setelah dirasa pas, angkat sambal ikan tongkol dan sajikan di atas piring. Sambal ikan tongkol siap disantap bersama nasi hangat dan pelengkap lainnya.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.