close
Watch Now!!!!

Menu Navigasi

Buah Yang Bisa Jadi Gorengan, Enak dan Menyenangkan Selain Pisang dan Nanas



Berikut ini buah yang bisa jadi gorengan, akan kami sajikan untuk sobat. Sebab rasanya juga enak dan menyenangkan selain pisang dan nanas (nenas).

Selain pisang yang bisa jadi gorengan, ternyata ada buah lain yang dapat kamu jadikan gorengan atau camilan.

Simak ulasan tentang apa saja buah yang bisa kamu bikin jadi gorengan enak untuk menemani sahabat, keluarga dikala santai.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik menuliskan bahwa Pisang menjadi buah yang paling banyak diproduksi bahkan mencapai 25,97 juta ton di tahun 2021.

Baca Juga:

Hanya saja ada buah lain seperti apel, nanas dan buah-buahan lainnya rupanya bisa jadi camilan atau gorengan yang enak dan menyenangkan.

Inilah sembilan (9) buah enak dan menyenangkan yang dapat kamu buat sebagai gorengan.

Buah Labu untuk bisa jadi gorengan [Instagram/grosirbibitsayur]
Buah Labu untuk bisa jadi gorengan (sumber: Instagram/grosirbibitsayur)

1. Labu

Labu merupakan buah yang tumbuhnya merambat. Rata-rata orang di Indonesia mengolah buah ini menjadi kolak dan paling diminati saat bulan Ramadan untuk dijadikan takjil. Tapi ternyata labu enak dijadikan gorengan.

Langkah memasak labu goreng cukup sederhana, kita cukup mengupas kulit labu, kemudian memotong kecil, selanjutnya diberi bumbu garam dan merica dan tak lupa dimasukkan ke tepung yang sudah diberi air dan proses terakhir adalah menggoreng.

Cara menggorengnya tak ubahnya dengan mengoreng pisang, jika warnanya sudah coklat angkat dan tiriskan. Labu goreng siap disajikan.

Baca Juga:

2. Apel

Buah selanjutnya yang enak digoreng adalah apel. Buah yang identik dengan warna merah dan hijau ini memiliki berbagai jenis di Indonesia. Yakni apel Envy, Royal Gala, Pink Lady, Queen, Pacific Rose, Granny Smith, serta apel premium Fuji.

Cara menggoreng buah apel tak jauh berbeda dengan menggoreng pisang. Saat matang apel goreng bisa ditambahkan kayu manis bubuk dan gula halus. Rasanya pun enak karena tekstur dari buah apel yang padat dan tidak mudah hancur saat digoreng.

Buah Sukun untuk camilan enak [Instagram/eynahaneyna]
Buah Sukun untuk camilan enak (sumber: Instagram/eynahaneyna)

3. Sukun

Buah sukun juga lumrah dijadikan gorengan yang enak. Sukun memiliki bagian yang empuk dan mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai buah roti. 

Cara menggorengnya hampir sama dengan pisang goreng, dengan mengupas kulitnya, kemudian memotong dan ditambahkan dengan tepung yang dicairkan.

Buah Nanas [Instagram/pawonsimu]
Buah Nanas (sumber: Instagram/pawonsimu)

4. Nanas

Nanas ternyata juga enak dijadikan gorengan. Siapa sangka buah yang berwarna kuning dan pada kebiasaannya lebih sering dijadikan rujak dan selai ini   nikmat setelah menjadi nanas goreng.

Untuk proses pembuatannya, dibuat dulu adonan dari tepung dan ditambahkan minuman soda, tujuannya agar nanas lebih renyah. Selain itu, nanas juga bisa dibuat menjadi isian molen. Nanas dipotong memanjang, dibalut dengan adonan tepung yang tipis, dan kemudian digoreng secara deep fry hingga kecokelatan. Rasanya manis dan empuk dan enak.

Buah Stroberri [Instagram/stevienerine]
Buah Stroberri (sumber: Instagram/stevienerine)

5. Stroberi

Stroberi buah berwarna merah dan tampak segar ini tidak hanya bisa dijadikan dessert, jus, dan cake tapi juga enak dijadikan gorengan. 

Namun untuk penggorengannya lebih disarankan secara deep fry dan taburkan gula halus saat dihidangkan. Tujuannya agar tidak merusak teksturnya yang renyah dan saat dipotong.

Sebelum menggoreng, stroberi dibalut dulu dengan adonan pancake. Adonan pancake ini bisa diracik sendiri atau yang instan pun boleh-boleh saja. 

Buah Alpukat [Instagram/bibitberkualitass]
Buah Alpukat (sumber: Instagram/bibitberkualitass)

6. Alpukat

Buah Alpukat ternyata paling banyak ditemukan di Jawa Timur. Berdasarkan data yang ditemukan per 2021 produksi Alpukat di Jawa Timur sebanyak 158,6 ribu ton. Buah yang biasa dijadikan jus alpukat ini juga dapat digoreng dan rasanya tetap enak.

Cara penggorengannya sama dengan buah Stroberi yakni dengan deep fry agar masak dengan sempurna. Alpukat ini sebaiknya digoreng dalam balutan tepung roti atau tepung panir.

Di akhir sajikan dengan saus cocol yang terbuat dari mayones dan air perasan jeruk lemon.

Kurma jadi gorengan [Instagram/suryatiakedetim16]
Kurma jadi gorengan (sumber: Instagram/suryatiakedetim16)

7. Kurma

Meskipun buah kurma bukan berasal dari Indonesia, buah ini sangat diminati. Biasanya langsung dimakan akan tetapi buah kurma enak ketika dijadikan gorengan. 

Cara menggorengnya diisi dengan potongan keju lalu dibalut dengan adonan tepung. Ada juga yang menggorengnya dengan cara memisahkan biji kurma, lalu menusuk buah tersebut dengan tusukan dan membalutnya dengan tepung yang telah dijadikan adonan.

Buah Mangga [Instagram/detim16]
Buah Mangga (sumber: Instagram/detim16)

8.  Mangga

Mangga adalah buah yang paling banyak diproduksi di Situbondo, Pasuruan, dan Purbolinggo Jawa Timur
Tidak hanya enak dijadikan rujak, puding, saus, tapi mangga juga enak untuk digoreng. 

Cara membuat mangga goreng adalah dipilih dulu mangga yang sudah matang. Dikupas kulitnya dan dipotong, kemudian balut dengan kulit lumpia siap pakai dan goreng secara deep frying.

9. Nangka

Nangka memiliki bau khas tersendiri dan ternyata paling banyak diproduksi dari Jawa Timur seperti yang dikutip di Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah produsen buah nangka di Jawa Timur adalah yang terbesar di Indonesia yakni  182.741 ton pada 2021.

Nangka sering diolah menjadi sayur, menjadi puding, bolu dan nyatanya juga bisa digoreng. Caranya buat adonan baluran nangka dengan mencampurkan tepung beras, sagu, terigu, gula merah sisir dan garam sampai rata. Masukkan telur, aduk sebentar. 

Kemudian masukkan air perlahan sambil aduk adonan sampai licin. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu masukkan nangka ke adonan baluran, goreng saat minyak panas. Goreng nangka sampai berwarna keemasan dan siap dihidangkan.

Itulah tadi informasi atau cara membuat buah jadi gorengan, yang bisa kamu olah dengan praktis di rumah, semoga enak dan menyenangkan. [*]


Sumber:suaraserang.com

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.