close
Watch Now!!!!

Menu Navigasi

Mie Homemade Sehat Andalanku, Lebih Kenyal & Mantap


Mie Homemade Sehat Andalanku, Lebih Kenyal & Mantap

Bahan-bahan:

500 gr terigu protein tinggi (saya: cakra kembar)

100 gr tepung tapioka

1 butir telur ukuran besar

1 sdt munjung garam halus

200 ml air 

Langkah:

1. Campur terigu, tapioka dan garam, aduk rata.

2. Tambahkan telur.

3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.

4. Setelah cukup rata, pipihkan sedikit agar mudah digiling di ampia, adonan memang agak pera agar hasil bagus dan kenyal, jangan sampai kelembekan, karena nanti mie akan lengket dan tidak terpotong sempurna di ampia, alias masih nyatu gitu, harus kita pisah-pisah dulu.

5. Giling menggunakan ampia dari ketebalan nomor 1, giling 3 kali, hasilnya seperti di bawah ini.

6. Kemudian pindah ke nomor 2, giling lagi minimal 3 kali giling, hasilnya seperti ini.

7. Kemudian pindah ke nomor 3 giling lagi 3x, hasilnya.

8. Terakhir pindah ke nomor 4, giling 3x lagi, sampai tahap ini saya tidak menaburi adonan dengan tepung sama sekali, karena adonannya sudah pas keringnya dan tidak lengket sama sekali, seperti ini.

9. Saya stop di nomor 4, jika ingin mie yang lebih kecil lagi silahkan tipiskan lagi di nomor 5 dst, kalau saya cukup di nomor 4, pas ukurannya bagi saya.

10. Terakhir sebelum masuk ke pemotongan mie, saya baluri lembaran-lembaran adonan tadi dengan tepung tipis-tipis (saya pakai terigu cakra tadi, pernah coba pakai tapioka menurut saya jadi terlalu licin dan agak berlendir air rebusannya).

11. Potong mie di bagian pemotongnya, cantik misahnya kan? Ga nyatu.

12. Letakkan hasilnya di meja/nampan/talenan yang sudah ditaburi tepung sedikit, lalu taburi juga permukaan mie dengan sedikit tepung.

13. Jika ingin bentuk lurus saja seperti ini.

14. Jika ingin agak keriting sedikit, kepal-kepal adonan pelan, lalu uraian (pisahkan) kembali beberapa kali ulang.

15. Bagi-bagi mie sesuai takaran yang diinginkan, saya 1 porsi 50 gr saja, hasilnya 14 porsi.

16. Mie siap digunakan untuk aneka keperluan, mie ayam, mie goreng, mie rebus dll. Saya bikin mie ayam.

17. Mie ini tahan disimpan di kulkas bawah hingga 24 jam, dan sekitar 1 bulan di freezer.

Hasil: 14 porsi@50gr  

Nb: Makin sering digiling adonan akan makin halus dan hasil mie makin kenyal (saya giling 3-4x di setiap satu nomor ketebalan ampia).

Bagikan ke Facebook

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.