close
Watch Now!!!!

Menu Navigasi

Cara Memutihkan Baju Putih Seperti Baru Lagi Menggunakan Bahan-bahan Alami

 


 Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Advertisement

Warna pakaian yang paling mudah dipadupadankan adalah warna pakaian yang netral, misalnya warna putih, hitam atau coklat. Oleh karena itu, memiliki baju dengan warna-warna tersebut sangat dianjurkan karena bisa menyelamatkanmu dari kebingungan ketika ingin memadu padankan pakaian.

Sayangnya baju berwarna putih mudah terkena noda atau menguning. Dan tidak jarang noda pada baju warna putih sulit dihilangkan, padahal terlihat sangat jelas karena warna putih tersebut. Namun kamu jangan khawatir, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kembali baju putih. Apa saja? Yuk simak di artikel berikut ini.

What's On Fimela
powered by

1. Sitrun atau Citric Acid

Ilustrasi sitrun atau citric acid
Ilustrasi/Copyrigh shutterstock/Michelle Lee Photography

Sitrun adalah nama lain dari asam sitrat yang dikenal sering dijadikan pengawet makanan dan minuman. Ternyata sitrun bisa menghilangkan noda pada baju putih. Kandungan asamnya dapat membantu menghilangkan noda terutama di baju berwarna putih.

Cara memutihkan baju putih dengan sitrun cukup mudah yakni sebagai berikut:

  1. Siapkan air hangat di dalam wadah
  2. Masukkan sitrun ke dalam air. Perbandingan air dan sitrun yang ideal adalah 1 sendok makan untuk 250 ml air.
  3. Rendam baju putih ke dalam larutan air dan sitrun. Pastikan baju terendam seluruhnya.
  4. Supaya cara mencuci baju putih dengan sitrun ini bekerja lebih efektif, diamkan baju selama 10-15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa merendam baju semalaman.
  5. Jika terlihat noda yang menempel, kucek atau gosok dengan sikat gigi bekas.
  6. Bilas baju dengan air bersih. Lalu cuci dengan deterjen seperti biasa.

Advertisement

Kandungan asam pada lemon ternyata bisa untuk memutihkan kembali baju putih yang menguning dan kusam.

Cara memutihkan baju dengan lemon sangat mudah, Sahabat Fimela. Kamu hanya perlu mencampurkan perasan air lemon ke dalam air panas, aduk rata, dan rendam baju putih selama 1-2 jam. Setelah itu cuci pakaian menggunakan deterjen seperti biasa.

3. Garam

Ilustrasi Sea Salt / Garam Laut (sumber: unsplash)
Ilustrasi Sea Salt / Garam Laut (sumber: unsplash)

Garam ternyata cukup efektif menghilangkan noda sekaligus memutihkan baju secara alami. Hal ini disebabkan karena garam dapat menyerap minyak dan mencegah noda pada pakaian semakin menyebar.

Caranya sangat mudah. Cukup campurkan garam dengan air dingin, dan rendam baju puith sekitar satu jam. Setelah itu, bilas pakaian dan cuci menggunakan detergen seperti biasanya.

Advertisement

4. Baking Soda

Baking Soda
Ilustrasi baking soda

Baking soda juga dikenal cukup ampuh memutihkan baju putih yang menguning agar kembali seperti baru. Menariknya lagi, baking soda juga bermanfaat sebagai pewangi alami dan antiseptik ringan lho, Sahabat Fimela.

Cara memutihkan pakaian dengan baking soda: campur baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada baju yang menguning, dan diamkan beberapa menit sebelum dicuci seperti biasa.

5. Cuka Putih

Menggunakan Cuka Putih
Ilustrasi Cuka Putih Credit: pexels.com/Mart

Tidak hanya lemon dan asam sitrat saja, namun asam dalam cuka putih juga mampu menghilangkan noda membandel pada baju putih. Bahkan bisa mengembalikan warna putih pada baju putihmu yang sudah menguning.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menambahkan 1/2 cangkir cuka putih dan 1/4 cangkir air lemon saat mencuci baju putih. Rendam sekitar satu jam, dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, jangan lupa mencucinya kembali menggunakan detergen ya, Sahabat Fimela.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan baju putih yang menguning atau terkena noda. Semoga bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Sumber:fimela.com

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.